Malang, 20 Agustus 2020-  Setelah program kuratorial 1 dilaksanakan kemarin, saatnya Malang Film Festival melanjutkan program kuratorial 2 yang juga dilaksanakan secara daring. Meskipun dilaksanakan secara daring, karya oleh pemilik ditayangkan berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Karya film berasal dari beberapa kalangan pelajar dan mahasiswa tentunya menginspirasi penonton untuk memahami keadaan saat ini. Banyak sekali pengaruh teknologi 4.O terhadap budaya dan sosial masyarakat. Ada yang tidak memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik sehingga tidak memikirkan keadaan dan orang sekitar.

Terdapat 4 film pada program kuratorial 2 yakni, Halaman Surat Kabar, Ini Kabar Duka Cita, Cerita Papa, dan Blinded Little Pony. Film ini memiliki makna untuk mengetahui perubahan pada teknologi sekarang ini seperti koran sudah tidak begitu penting dan penjualan koran pun menurun. Masyarakat memanfaatkan keadaan untuk kepentingan sendiri, seorang anak yang sibuk dengan handphone sehingga hubungan kepada orang tua menjadi renggang. Semua makna masing-masing ada didalam film tersebut. Menarik sekali untuk ditonton apalagi keadaan saat ini.

Perubahan budaya menonton saat ini lebih maju dibanding dahulu yang masih menonton layar tancap secara sederhana. Berbeda seperti sekarang, menonton bioskop dengan fasilitas baik. Saat pandemi, menutup kemungkinan datang ke bioskop untuk menonton film baru. Kita semua harus sosial distancing karena semua masyarakat mengikuti protokol yang ada agar tidak terjadi penyebaran corona secara meningkat. Masyarakat beralih pada netflix untuk menonton film baru. (ngi)