Malang, 19 Agustus 2020 – Sejak Tahun 2004 Malang Film Festival (MAFI Fest) menjadi pagelaran festival tertua di Malang. Festival yang rutin dilakukan pada bulan April ini sempat tertunda akibat adanya Pandemi Covid-19. Meskipun Pemerintah menghimbau untuk tidak mengumpulkan massa dalam jumlah banyak serta keterbatasan ruang publik, tidak membuat panitia MAFI Fest 2020 kehabisan akal. Sebab di era serba digital ini, tidak menghalangi pertukaran informasi meski terbatas oleh ruang dan waktu agar tetap produktif.

 Mencapai umurnya yang ke-16, tema MAFI Fest 2020 yang diusung jauh sebelum adanya Pandemi Covid-19 ternyata masih berhubungan dengan kondisi yang terjadi saat ini yaitu, Restorasi atau pemulihan. Pada awalnya, alasan dipilihnya tema tersebut adalah sebab adanya ekspansi media serta eskalasi teknik dalam sinema. Hingga saat ini tema tersebut kami usung sebagai penyemangat bagi kita untuk pulih dari peristiwa-peristiwa yang terjadi sejak awal tahun 2020.

Diadakan pada tanggal 19 Agustus hingga 22 Agustus 2020, MAFI Fest untuk pertama kalinya diselenggarakan secara daring.Pemutaran film yang dilakukan MAFI Fest 2020 ini dilindungi oleh Badan Konsultasi dan Badan Hukum (BKBH) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), serta sudah mendapat izin tayang dari filmmaker.

Press conference MAFI Fest 2020 yang dilaksanakan secara daring pada 19 Agustus telah berjalan dengan sukses. Sebagai pelopor festival daring di Indonesia, semoga MAFI Fest 2020 mampu menjadi inspirasi bagi Sineas Indonesia untuk tetap produktif di masa pandemi.(faf)