Manusia Dalam Sebuah Seluloid

Andang Tri Saputro

 

Ingat, Manusia adalah makhluk Sosial!

Manusia merupakan makhluk Sosial, atau dalam bahasanya Aristoteles disebut sebagai Zoon Politicon, yang dalam arti harafiahnya merupakan hewan yang bermasyarakat. Itulah yang membedakan manusia dengan hewan, manusia bermasyarakat, sedangkan, hewan tidak. Peran sebagai mahluk sosial ini dapat dengan ‘simpel’ di gambarkan dalam hubungan bertetangga. Sebuah realita bertetangga digambarkan dalam film Wasuh (Aisyah Mariah) dengan isu air bersih yang membuat sebuah system yang saling mengikat antar tetangga. Sebagai mahluk sosial, manusia memiliki akal, rasa, dan cinta. Manusia bisa melakukan segala sesuatu sesuai keinginan dan dapat mengartikan apapun menurut pemkiranya sendiri, tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar. Seperti halnya Sinema, mungkin pembuat film memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada penonton, namun penonton bisa membuat keputusanya sendiri mengenai apa yang didapat, seperti yang ingin disampaikan oleh film heaven of Children(Amir Mosoud Soheili).

Ruwina (Ayuning Tyas M.R), memberikan sebuah tawaran menarik akan cinta di masa remaja, cinta. Rasa-rasanya, manusia adalah makhluk yang paling manis, bagaimana tidak, dengan rasa yang dimilikinya, manusia bisa sangat menyayangi seseorang, yang kadang diketahui tanpa sebab. Cinta menjadi senjata ampuh untuk mengikat manusia satu dengan manusia lainnya. Sebuah bagian terpenting dari esensi kehidupan. Tapi sebagaimana juga diketahui, sifat manusia tidak selamanya semenyenangkan itu, seperti apa yang dikatakan Adam Smith yang menyebut manusia adalah ‘serigala bagi manusia lain’. Inilah yang juga banyak terjadi di kehidupan ini, manusia kadang terlalu dekat dengan ego-nya, manusia kadang lupa bahwa manusia sjuga adalah makhluk yang paling lemah, karena tidak bisa hidup sendirian, seperti Singa di Hutan.

Program kuratorial ini mencoba merangkum film-film yang membahas hubungan manusia dengan beberapa aspek sosial. Selamat menonton!

Jadwal Pemutaran:

15.00-16.00 Rabu,12 April 2017

Ruwina / FPM / 18.46 / Ayuning Tyas M.R / 2017

Wasuh / Fiksi Pendek / 15.19 / Aisyah Amirah / 2016

Heaven Of Children / FPM / 05.30 / Amir Mosoud Soheili / 2016