Malang Sinau Dokumenter 2018

 

Film Dokumenter merupakan film yang mendokumentasikan suatu kenyataan dan fakta. Dalam film dokumenter tidak ada cerita fiktif yang dibuat-buat untuk mendramatisir adegan sepanjang film. Artinya, film dokumenter digunakan untuk merepresentasikan kenyataan dan menampilkan kembali fakta yang ada dalam kehidupan yang dibuat lebih terstruktur dalam durasi film, karena peminat dari film dokumenter tidak sebanyak film fiksi. Kurangnya wadah untuk mengapresiasi dan mendistribusikan film dokumenter menjadi salah satu masalah tersendiri. Maka dari itu Festival Film menjadi alternatif untuk menjembatani film documenter dengan penikmatnya. Ada beberapa festival di Indonesia yang konsisten menjadi medium apresiasi film dokumenter yang salah satunya adalah Malang Film Festival.

Malang Film Festival merupakan salah satu festival di Indonesia yang menjadi wadah untuk mengapresiasi film pendek karya pelajar dan mahasiswa. Di pergelarannya yang ke-14, MAFI FEST tetap konsisten melaksanakan program kompetisi film pendek fiksi dan film pendek dokumenter yang terdiri dari Kategori Fiksi Pendek Mahasiswa, Kategori Fiksi Pendek Pelajar, Kategori Dokumenter Pendek Mahasiswa, dan Kategori Dokumenter Pendek Pelajar.

Selain itu, ada pula program non kompetisi yang selama 14 tahun ini berusaha menjadi medium bagi para penggiat film dalam mengembangkan mutu berkarya dan menjadi forum bertukar wawasan serta pengetahuan mengenai film di Indonesia. Salah satu program Non Kompetisi yang ada di Malang Film Festival adalah “Malang SinDok (Sinau Dokumenter)”.

Malang SinDok (Sinau Dokumenter) merupakan kegiatan workshop produksi film dokumenter yang ditujukan pada siswa-siswi pelajar kota Malang Raya. Peserta didampingi dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi dengan harapan proses ini bisa dijadikan medium belajar bagi para peserta dalam memahami film dokumenter.. Kurangnya wadah belajar untuk mengembangkan ide menjadi salah satu faktor kurangnya minat pelajar untuk memproduksi film pendek dokumenter. Hal tersebut menjadi alasan dilakasanakannya kembali “Malang SinDok (Sinau Dokumenter)” pada pergelaran Malang Festival 2018.

  • Kelas Pembekalan dan Riset

Tanggal           : 7 – 9 Februari 2018

Tempat            : Ruang Sidang Student Center Lt.4 UMM

  • Produksi

Tanggal           : 10 – 12 Februari 2018

Waktu dan tempat menyesuaikan lokasi produksi masing-masing kelompok.

  • Pasca Produksi

Tanggal           : 13 –  15  Februari 2018

Tempat            : Kesekret Kine Klub Student Center Lt.3 UMM

Pemateri :

Taufan Agustiyan Prakoso

Aktif di Eagle Institute (2014) dan memproduksi film-film documenter dan iklan untuk di televisi di berbagai daerah di Indonesia

DW Nugroho (Ahox)

Kerap menggarap film-film documenter untuk LSM dan NGO serta project berbasis pemberdayaan masyarakat di pedalaman flores dan daerah lain di Indonesia

Untuk proses selengkapnya Malang SinDok 2018 bisa diakses di :

SUPPORTED BY :