FORUM FESTIVAL

         Secara umum Festival film merupakan ajang tahunan yang menyuguhkan berbagai Film, biasanya film-film terkini atau film dengan produksi minimal berusia dua tahun dan, tergantung pada fokus festival individu. Banyak sekali festival film di Indonesia baik yang bertaraf lokal, nasional maupun internasioanal. Dari fokusnya sendiri terdapat festival film fiksi, festival film dokumenter, festival film eksperimental dan animasi atau festival khusus film pendek dan panjang, festival film khusus mahasiswa atau film khusus pelajar, namun tidak jarang yang menggabungkan diantaranya.

        Saat ini juga semakin banyak ajang kompetisi film yang bermunculan dan dapat dirasakan hampir setiap bulan selalu ada ajang kompetisi film. Sementara untuk penyelengaranya berasal dari berbagai kalangan seperti komunitas, instansi pemerintah sampai korporasi besar. Penyelenggara komunitas sendiri dapat di klasifikasikan menjadi dua yaitu komunitas kampus seperti halnya Malang Film Festival atau komunitas non kampus .

         Banyaknya festival film atau ajang kompetesi untuk mencari film terbaik di Indonesia tentu sangat dirasakan oleh para pembuat film. Adanya kemudahan untuk mendistribusikan karya film mereka melalui ajang semacam ini. Pembuat film juga diringankan untuk bertemu penontonnya. serta berbagai keuntungan lainnya. Dampak lain yang terjadi adalah sanagat dimungkinkan bagi kita sebagai penonton bisa melihat film-film yang sama pada festival film dan ajang kompetisi yang berbeda di Indonesia.

        Dengan diadakannya Forum Festival di Malang Film Festival 2017 kami berharap peserta yang hadir dapat mendapat gambaran dan mengenal lebih dekat dengan festival film di Indonesia yang saat ini  berkembang pesat.