Focus On : Tunggul Banjaransari

Profil

     Tunggul Banjaransari, lahir di Surakarta, 30 September 1988. Lulusan Ilmu Pembangunan Sosiaal dan Kesejahteraan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2012. Kemudian menyelesaikan pendidikan Magister di Program Studi Pengjkajian dan Penciptaan Seni ISI Sururakarta pada tahun 2015. Tumbuh dan dibesarkan oleh keluarga yang mengabdi kepada seni pertunjukkan. Dari kecil hingga dewasa, kedua kakaknya terlihat begitu nyaman berada di dunia medium musik dan pertunjukkan. Tunggul tidak merasakan kenyaman seperti kedua kakaknya, karena ia tidak pernah bisa memainkan alat musik. Tunggul memilih menonton film di masa kecilnya, dan memutuskan membuat film di masa akhir kuliahnya. Beberapa film pendeknya sudah diputar di beberapa festival nasional dan internasional seperti Jiffest, Arkipel, Festival Film Solo, dan Jogjakarta Asian Film Festival. Filmnya berjudul Udhar mendapatkan penghargaan Light of Asia (Film Pendek Terbaik) di Jogjakarta Asian Film Festival 2014.

Film yang diproduksi :

Worked Club / Fiksi  / 22.00 / Tunggul Banjaransari

SINOPSIS

     Di sebuah kota Jawa bagian tengah, seorang pembantu rumah tangga merangkap menjadi penjaga rumah. Rumah yang jarang dihuni oleh pemiliknya. Hanya pembantu dan film yang berada di rumah yang lumayan mewah ini. Film ini mengajak seorang pekerja film yang juga merupakan adik kandung dari pemilik rumah, untuk merayakan ketiadaan penguasa rumah di berbagai sudut-sudut ruangan penuh fasilitas yang lumayan mewah.

Udhar / Fiksi / 15.00 / Tunggul Banjaransari / 2014

SINOPSIS

     Sepulangnya menunaikan ibadah haji, seorang ibu berhalusinasi bahwa cincinnya yang hilang ditemukan oleh seseorang di Mekah. Tak hanya anaknya yang diceritakan persoalan ini, melainkan apapun yang tidak berwujud juga turut diceritakan oleh ibu tersebut.

Seekor Kambing / Fiksi / 20.28 / Tunggul Banjaransari / 2017

SINOPSIS

     Di sebuah masa yang seharusnya masa mendatang namun terdapat sebuah tempat yang tidak bisa dipastikan sesuai seperti harapan besar mengenai masa depan, sebagian besar pria-pria menjelang tua sudah terlihat rapuh. Anak-anak muda tetap berkelompok untuk tetap memperlihatkan kekuatan fisiknya. Seorang pemuda pesakitan membuat perangkap sebagai tujuannya untuk menjadi penguasa mereka.

Liburan Keluarga / Fiksi / 18.45 / Tunggul Banjaransari / 2013

SINOPSIS

     Sebuah keluarga beserta tetangga-tetangganya pergi berlibur di tempat yang tidak menjadi tujuan liburan pada umumnya.

Putri Malu Sedang Tidak Santai / Fiksi / 03.29 / Tunggul Banjaransari / 2013

SINOPSIS

     Film ini adalah bagian dari proyek omnibus festival film solo 2013. Mereka memberikan kamera toys yang kemampuannya serba terbatas. Keterbatasan itulah, kemudian saya manfaatkan untuk menekan kemaluan seseorang terhadap kamera, ukuran tubuh, suara, gerak, dan waktu. Cara ini dilakukan di saat kamera dan manusianya memiliki hubungan yg merasa takut kalau mereka bermasalah, seperti seseorang mencurigai dan merasa khawatit atas kekasihnya yang berpotensi besar berselingkuh.