Hari ke 3 Malang Film Festival 2018 semakin ramai dengan diadakan program baru di MAFI yaitu Kelas Sinau Introduksi Kajian Estetika Sinema. Kelas ini berlangsung di Ruang Sidang Student Center Lt. 4. Dengan adanya program ini, di harap para peserta dapat mengkaji estetika dan mengaplikasikan ke dalam film. Program ini berjalan selama dua hari, hari pertama berlangsung pada pukul 09.00 – 11.00 dengan dihadiri oleh 19 peserta. Sementara hari kedua berlangsung pada Sabtu 7 April 2018 pukul 10.30 – 12.30 dengan dihadiri oleh 19 peserta. Para peserta terlihat sangat antusias dengan hadirnya Panji Wibowo sebagai pemateri.

     “Program ini bagus, bukan hanya sekedar festival tetapi ada produksi pengetahuan, ada workshop, diskusi, berbincang-bincang dengan pembuat film. Paling ngga itu sisi pentingnya dari sebuah pertemuan komunitas film. Jika itu terus di lakukan maka mungkin bisa terjadi perubahan dalam cara membuat film lebih baik.” Ujar Panji Wibowo.

     Di program-program yang baru di hadirkan tahun ini di Malang Film Festival 2018 disambut baik oleh para peserta. “Tau MAFI dari yang ke 8. Semoga lebih banyak kelas seperti ini. Kedepannya mungkin MAFI bisa ada kelas sinau kayak gini lagi tapi standarnya diatas dasar. Dan ada output misalnya, ada program sinau 3 hari yang satu hari materi, hari kedua review. Di MAFI banyak film, tonton satu film kita review terus ditampilin di web MAFI. Jadi teman-teman outputnya jelas ada dari hasil kelas, kayak gitu menarik.” Ujar Henva mahasiswi ISI Solo. (mus/syf/gan)