Salah satu penayangan khusus Malang Film Festival (MAFI Fest) 2018 adalah film dokumenter yang berjudul Bulu Mata karya Tonny Trimarsanto. Film ini ditayangkan di hari ketiga MAFI Fest, jum’at (6/4) pukul 19.30 WIB di Dome UMM. Film Dokumenter yang berdurasi satu jam ini mengangkat isu yang sedang hangat beberapa tahun belakangan yaitu isu mengenai transgender. Tonny menghadirkan film yang sangat menarik karena transgender di film ini berasal dari Aceh yang kita tahu bahwa masyarakat Aceh sangat kental dengan agamanya sampai dijuluki serambi mekah.

     Kesulitan hidup waria di Aceh sangat terlihat dari bagaimana keseharian mereka seperti sulitnya mendapat KTP, sulitnya mendapat tempat tinggal di kota besar, dan polisi yang selalu datang ketempat usaha mereka. Bukan cuma itu tidak semua waria diterima oleh keluarganya ketika mereka pulang ke kampung halaman, bahkan ada seorang waria yang selalu dipukuli oleh kakaknya ketika berpapasan di jalan.

     “film tersebut menarik karena mengangkat isu tentang transgender yang ada di aceh yang kita tahu orang disana itu hijaban, ya memang bagus sih untuk didiskusikan dan buat referensi juga” ahmad zafi nurzahid. (syf)