Tahun ini Malang Film Festival (MAFI Fest) 2018 mengadakan beberapa program baru, salah satunya adalah program Kelas Sinau : Programming & Curating. Pemateri dalam program ini adalah salah satu juri fiksi MAFI Fest 2018 yaitu Lulu Ratna. Program ini diadakan selama 2 hari, yaitu tanggal 4-5 april 2018, yang bertempat di SC lantai 3. Program ini diikuti oleh 10 orang melalui pendaftaran yang telah dibuka MAFI Fest pada bulan maret yang lalu. “kita ingin kelas ini berjalan dengan kondusif karena itu kita hanya mengambil 5-10 peserta” kata aliya selaku asisten programmer MAFI Fest 2018.

     Pada hari pertama, para peserta diberi landasan materi bagaimana cara memprogram dan mengkurasi suatu festival. Tujuan penyampaian materi yang dibawakan oleh Lulu Ratna ini adalah agar para peserta bisa memprogram dan mengkurasi film dalam suatu festival. Setelah penyampaian materi Lulu Ratna, diadakan sesi tanya jawab bersama para peserta Kelas Sinau untuk lebih memperdalam pemahaman peserta terhadap Materi.

     Para peserta Kelas Sinau kemudian diberikan tugas untuk membuat dan merancang program film dari beberapa kumpulan film malang pada akhir materi di hari pertama untuk dipresentasikan di hari selanjutnya. Di hari kedua para peserta mempresentasikan dan berdiskusi mengenai program – program yang mereka buat. Hal ini dilakuakan agar para peserta merasakan bagaimana memprogram dan mengkurasi film secara nyata tidak hanya melalui materi saja. Diskusi berjalan dengan seru, para peserta menyajikan program yang berbeda-beda dari beberapa film yang diberikan oleh Lulu Ratna.

     “Program ini menarik karena pematerinya sendiri adalah Lulu Ratna yang telah berpengalaman di bidang perfilman dan festival film di Indonesia. Tugasnya pun cukup menarik karena tugas di hari pertama adalah membuat sebuah progam film dari beberapa kumpulan film yang ada di Malang untuk di presentasikan di hari kedua” ujar Laudy dari Parade Film Malang.(syf/mus/gan)