Malang Film Festival 2018 kembali menyuguhkan Program Diskusi Umum yang sayang untuk dilewatkan oleh filmmaker yang datang. Dengan menghadirkan pembicara yaitu Caroline Monteiro selaku Juri Dokumenter Mafi Fest 2018 dan juga seorang Aktivis Perempuan, diskusi kali ini diarahkan kepada pembahasan tentang Representatif Perempuan dalam Film. Bertempat di Auditorium BAA UMM Kamis (5/4) forum diskusi ini banyak membahas tentang bagaimana peran perempuan didalam film, bagaimana sutradara memposisikan perempuan, isu-isu tentang perempuan dan berbagai macam hal lain yang berkaitan dengan perempuan didalam film.

     Diskusi Umum ini pun menarik banyak perhatian dari para filmmaker yang datang. Mereka seakan tidak mau melewatkan kesempatan untuk menyimak pembahasan dari Caroline Monteiro dan berdiskusi tentang berbagai macam permasalahan perempuan didalam film.

     “Forum yang sangat menarik untuk mengambil kesimpulan sementara tentang bagaimana posisi perempuan berada di dalam dunia film. Dan disini menurut saya sudah terjawab berdasar kesimpulan sementara tadi dimana perempuan itu posisinya masih dibawah laki-laki dalam segi subyek maupun obyek,” ujar Achmad Sulchan, seorang filmmaker dan juga mahasiswa Ilmu komunikasi UMM.

     Caroline pun sangat berharap diskusi ini tidak berhenti di Mafi Fest 2018 saja. “Semoga diskusi ini bisa diadakan secara rutin kedepannya dan bisa menjadi diskusi yang reguler sekaligus memiliki tema berbeda tiap seri nya. Jadi jangan nunggu ada Mafi Fest aja, bikin lagi dan undang filmmaker dari luar karena ini sangat penting dan menarik,” jelas Caroline yang juga menjabat sebagai koordinator Organisasi Jaringan Perempuan Perdamaian untuk Indonesia.