Sebelum pembukaan Malang Film Festival 2018, pada Rabu 4 April 2018 di Teater DOME UMM ada program penayangan khusus yaitu Penayangan Khusus: Fiksi Pendek yang memutarkan dua film berjudul Joko oleh Suryo Wiyogo dan Happy Family oleh Eden Junjung. Film fiksi pendek Joko dengan mengangkat isu pelecehan terhadap anak yang sukses membuat penonton menebak-nebak cerita film tersebut. Sementara film fiksi pendek yang disutradarai Eden Junjung berjudul Happy Family dengan mengangkat isu seksual dan agama cukup menarik perhatian penonton.

     Kedua film tersebut sangat menarik penonton bahkan Programmer Non Kompetisi menyampaikan review positifnya tentang film-film tersebut. “Antara dua film itu yang pertama aku suka sebenernya itu Happy Family dia ini menggambarkan kotradiksi antara kehidupan religius seorang bapak dengan anak yang memenuhi kebutuhan secara realita. Menceritakan seorang bapak yang rindu dengan anaknya dan mencari anak perempuannya itu tapi ya anaknya sedang melakukan sesuatu yang memenuhi kebutuhan financialnya dengan cara menjadi psk, unik dan keren sih menurut saya ceritanya” Ujar Sessy programmer non kompetisi.

     Para penonton yang menyaksikan 2 film tersbut juga mengatakan hal yang positif mengenai sesi pemutaran dan juga film yang diputar. “Menurut saya sih program yang tadi juga cukup menarik karena saya baru pertama kali nonton. Menghadirkan film yang memang beda dari segi penceritaan, kalo misalkan kita liat film-film pada umumnya kan ceritanya ‘selesai’ kalau inikan ceritanya kita bisa menginterprestasikan sendiri. Saya suka sih, aktingnya JUGA bagus,” ujar Whilson mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara Tangerang. (syf/mus/gan)