Malang Film Festival (MAFI Fest) merupakan festival film di Indonesia yang digagas oleh mahasiswa aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Studi Sinematografi Universitas Muhammadiyah Malang (Kine Klub UMM). Di tahun ini Mafi Fest 2018 yang sudah berumur 14 tahun kembali hadir dan tetap konsisten untuk fokus pada kompetisi karya film pendek pelajar dan mahasiswa se-Indonesia. Memulai pembukaannya pada Rabu malam (4/4) di Theater Dome UMM, Mafi Fest kembali menjadi tolak ukur film pendek di Indonesia dan memposisikan diri sebagai Medium (penghubung) bagi seluruh sineas yang ada di seluruh Indonesia.

     Pembukaan Mafi Fest 2018 dimulai dengan sabutan dari Fikri Hidayat selaku Direktur Malang Film Festival 2108, dilanjutkan dengan sambutan dari Hafidz Alamudi selaku Ketua Umum Kine Klub UMM. Mereka berdua mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mensuport kegiatan ini dan juga kepada para penonton yang telah datang. Sidik Sunaryo selaku Wakil Rektor 3 dan juga Nasrullah selaku Staff Khusus Kemendikbud juga diundang ke Pembukaan Mafi Fest 2018 untuk meresmikan festival film ini. Mereka berdua merespon positif pagelaran festival film yang digagas oleh KineKlub UMM ini.

     “Prestasi Mafi Fest sampai bertahan selama 14 tahun ini sungguh luar biasa, karena yang paling sulit untuk mempertahankan sebuah kontinuitas program dimana itu dikelola oleh komunitas itu agak susah. Nah kine dan Mafi Fest sendiri adalah satu komunitas yang silih berganti orang-orangnya, namun mereka masih bisa mempertahankannya itu sungguh hal yang luar biasa.” Ujar Nasrullah yang dulunya juga merupakan Dosen Ilmu Komunikasi UMM.

     Di akhir sambutannya, Nasrullah memberikan oleh-oleh kepada Kine Klub UMM sebagai penyelenggara Mafi Fest 2018 berupa 15 buku mengenai perfilman. Beliau mengatakan bahwa dengan oleh-oleh yang diberikan ini harapannya teman-temen Kine Klub UMM mampu memperdalam ilmu perfilmannya lagi. Setelah memberikan oleh-oleh tersebut Pak Nasrullah langsung meresmikan pembukaan Malang Film Festival 2018 yang ditandai dengan pemukulan Gong. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan akustik dari Ikabama UMM dan selanjutnya diakhiri dengan pemutaran film Undian karya Fitriana Lestari yang di ambil dari kategori Film Fiksi Pendek Mahasiswa sebagai penutup.

     Secara keseluruhan Pembukaan Malang Film Festival 2018 berlangsung secara meriah dilihat dari jumlah dan antusiasme penonton yang datang. Para penonton sangat antusias menyambut Pembukaan dan pagelaran yang diadakan sampe Sabtu 7 April 2018 nanti. Direktur pun tak menduga bahwa acaranya akan seramai itu. “Pembukaan di tahun ini alhamdulillah sangat rame pengunjungnya, Jumlahnya melebihi perkiraan. Karena kita mencoba cara baru yang beda dari tahun lalu yaitu pada saat pembukaannya di malam hari. Mungkin itu salah satu faktor pendukungnya,” jelas Fikri Hidayat.

     Dia juga menambahkan harapan untuk Malang Film Festival 2018 ini. “Harapannya setelah malam pembukaan, semoga 3 hari ke depan program-program Mafi Fest 2018 lancar dan bisa memberikan pengalaman menonton yang berkesan untuk penonton,” tambahnya. (gan)