“Proses Sharing Ide Cerita Peserta bersama Pemateri Workshop Malang Sinau Dokumenter 2018”

Forum diskusi atau workshop merupakan ladang yang selalu dicari oleh filmmaker untuk selalu mengasah ilmunya tentang perfilm-an.

Melihat fenomena ini, Malang Film Festival (MAFI Fest) 2018 bekerjasama dengan Equator Cinema mengadakan Malang Sinau Dokumenter (Malang Sindok) 2018, sebuah workshop yang khusus mengajarkan film dokumenter. Workshop ini khusus diadakan untuk pelajar SMA atau SMK yang ada di Kota Malang dan sekitarnya, yang sebelumnya telah diseleksi oleh pihak Panitia dan juga Pemateri dari Equator Cinema. Workshop ini berlangsung di ruang sidang Student Center UMM lantai 4 selama 3 hari dari tanggal 7-9 Februari 2018. Taufan Agustiyan dan DW Nugroho (Ahox), selaku pemateri dari Equator Cinema mengatakan bahwa langkah yang dilakukan MAFI Fest melalui program Malang Sindok menjadi satu langkah yang sangat dibutuhkan bagaimana kita bisa berbagi pengetahuan tentang produksi film dokumenter.

Workshop ini diikuti oleh 3 sekolah, yaitu SMKN 3 BATU, SMKN 2 Singosari, SMK PGRI 3 Malang. Masing-masing sekolah mendelegasikan 5 muridnya untuk mengikuti workshop ini.

Selama 3 hari para peserta workshop diberikan segala macam materi tentang dasar-dasar film dan tentunya tentang film dokumenter oleh Taufan Agustiyan dan juga DW Nugroho. Mulai dari jenis-jenis film dokumenter, cara riset dalam film dokumenter dan diputarkan juga film dari Equator Cinema sebagai bahan referensi bagi para peserta. Selama materi peserta sangat antusias terlihat dari aktifnya mereka bertanya dan menyimak materi. “Saya lebih mengenal lagi tentang dokumenter, kalau di sekolah masih awal banget soal dokumenter, saya masih belum tau apa-apa tentang dokumenter, terus disini kayak lebih mendalami tentang dokumenter.” ujar Tessa salah satu peserta dari SMKN 3 Batu.

Tidak hanya itu, pada hari ketiga para peserta juga diberikan kesempatan langsung terjun ke lokasi untuk riset film mereka dan setelah itu mempresentasikannya langsung kepada pemateri di tempat workshop. Dan nantinya pada tanggal 10-12 Februari 2018 mereka akan memproduksi film mereka masing-masing dengan didampingi panitia dari MAFI Fest 2018.

“Harapannya untuk produksi bisa berjalan lancar dari pengetahuan-pengetahuan yang mereka dapat di workshop. Kemudian mereka bisa menerapkan apa yang sudah mereka dapat secara materi aplikasinya di lapangan, dan harapannya mereka tidak hanya berhenti disitu, setelah mereka punya film harapannya bisa berkarya lagi di lain hari.” jelas Taufan selaku pemateri Malang Sinau Dokumenter 2018.

“Taufan Agustiyan dan juga DW Nugroho, Pemateri Workshop Malang Sinau Dokumenter”

Selama 3 hari para peserta workshop diberikan segala macam materi tentang dasar-dasar film dan tentunya tentang film dokumenter oleh Taufan Agustiyan dan juga DW Nugroho. Mulai dari jenis-jenis film dokumenter, cara riset dalam film dokumenter dan diputarkan juga film dari Equator Cinema sebagai bahan referensi bagi para peserta. Selama materi peserta sangat antusias terlihat dari aktifnya mereka bertanya dan menyimak materi. “Saya lebih mengenal lagi tentang dokumenter, kalau di sekolah masih awal banget soal dokumenter, saya masih belum tau apa-apa tentang dokumenter, terus disini kayak lebih mendalami tentang dokumenter.” ujar Tesa salah satu peserta dari SMKN 3 Batu.

Tidak hanya itu, pada hari ketiga para peserta juga diberikan kesempatan langsung terjun ke lokasi untuk riset film mereka dan setelah itu mempresentasikannya langsung kepada pemateri di tempat workshop. Dan nantinya pada tanggal 10-12 Februari 2018 mereka akan memproduksi film mereka masing-masing dengan didampingi panitia dari MAFI Fest 2018.

“Harapannya untuk produksi bisa berjalan lancar dari pengetahuan-pengetahuan yang mereka dapat di workshop. Kemudian mereka bisa menerapkan apa yang sudah mereka dapat secara materi aplikasinya di lapangan, dan harapannya mereka tidak hanya berhenti disitu, setelah mereka punya film harapannya bisa berkarya lagi di lain hari.” jelas Taufan selaku pemateri Malang Sinau Dokumenter 2018. (gan)