Program Kuratorial 4 menutup rangkaian program Malang Film Festival 2017 di hari ketiganya ini. Program Kuratorial kali ini bertemakan “Mencari Indonesia”. Pada program kali ini MAFI FEST bekerja sama dengan Pintoo. Pintoo merupakan penyedia program dan  juga penyedia materi film, dimana Pintoo seringkali bekerjasama dengan komunitas ataupun pemutar film yang ada di Indonesia.  Dalam bekerjasama dengan penyelenggara festival, Pintoo akan menyediakan film sesuai dengan apa yang dibutuhkan penyelenggara festival. Program “Mencari Indonesia” juga pernah diputarkan pada perayaan Hari Film Nasional pada bulan Maret lalu.

Film yang akan diputarkan pada sesi ini merupakan kumpulan film yang akan mengingatkan penonton mengenai jati diri Indonesia. Keempat film yang diputar keseluruhannya merupakan film fiksi pendek. Film pertama berjudul “Balik Jakarta” disutradarai oleh Jason Iskandar bercerita tentang seorang bule yang kembali ke Indonesia  untuk mencari rumahnya, tetapi perubahan Jakarta yang begitu pesat serta situasi Ibu Kota yang tak terduga menyulitkan upaya mereka. Film kedua berjudul “Pangreh” disutradarai oleh Harvan Agustriansyah bercerita tentang seorang supir suruhan yang mendatangi daerah miskin dan terpencil untuk mencari massa bayaran dalam sebuah aksi demonstarsi. Film ketiga berjudul “On The Origin of The Fear” disutradarai oleh Bayu Prihantoro Filemon bercerita kekerasan yang kerap dijadikan simbol kekuasaan negara.  Film terakhir berjudul “Kitorang Basudara” disutradarai oleh Ninndi Raras bercerita tentang kakak adik dari Papua, yang berusaha memahami Kota Jogja sementara mereka mencari tempat kos untuk sang adik.

“Film apapun gak mungkin gak bisa masuk Pintoo,” ujar Lintang Aulia selaku perwakilan Pintoo menutup sesi diskusi pada malan ini. Esok hari merupakan hari terakhir berlangsungnya Malang Film Festival 2017 dan akan berlangsung Diskusi Umum mengenai “Digital Platform dan Film Masa Kini” pukul 09:30 WIB di Ruang Sidang Student Center Lt. 4, dan malamnya akan ada malam penganugerahan, dimana pengumuman jawara Malang Film Festival akan diumumkan oleh juri MAFI FEST. (wdy)